Mungkin tidak ada mainan yang begitu populer selama
bertahun-tahun selain boneka Barbie. Ya, Barbie adalah boneka yang diproduksi
oleh Mattel Inc, sebuah perusahaan mainan Amerika. Boneka hasil kreasi Ruth
Handler, pemilik Mattel Inc ini pertama kali dirilis tahun 1959 dan menjadi
boneka fenomenal yang penjualannya tidak pernah kurang dari 1 juta unit
perbulan, sejak pemunculan pertamanya hingga hari ini.
Apa yang menarik dari boneka Barbie, mampu menghipnotis
anak-anak perempuan seluruh dunia? Temukan fakta-fakta mengejutkan dari boneka
tercantik di dunia ini.
SEJARAH BARBIE
Kelahiran Boneka Barbie diawali dari keprihatinan Ruth Handler
saat melihat anak perempuannya, Barbara yang bermain dengan boneka kertas dan
memperlakukan boneka itu layaknya manusia dewasa. Pada masa itu (tahun 1950an),
mainan-mainan yang diproduksi di Amerika adalah mainan untuk bayi. Dan melihat
interaksi anaknya dengan boneka kertas itu, Ruth, yang kala itu sudah mendirikan
perusahaan mainan Mattel, menangkap peluang untuk membuat mainan bagi anak-anak
di atas lima tahun. Waktu itu, Elliot Handler, suaminya yang juga salah satu
pendiri Mattel tidak terlalu antusias menanggapi ide istrinya itu.
Bild Lilli
Ide itu kemudian menjadi obsesi Ruth saat bersama keluarganya
berlibur ke Jerman tahun 1956. Di sebuah toko mainan, dia menemukan boneka
mainan bernama Bild Lilli. Boneka yang dibuat berdasarkan gambar kartun kreasi
Reinhard Beuthin itu cukup populer di Jerman. Melihat animo anak-anak pada
boneka itu, akhirnya membuka mata Elliot dan Ruth untuk membuat boneka sejenis
yang diproduksi di negara mereka, Amerika Serikat.
Bild Lilli |
Bersama Jack Ryan, yang merupakan designer MattelRuth dan Elliot
mendesain ulang boneka Bild Lilli menjadi boneka cantik bernama Barbie. Boneka
tersebut pertama kali ditampilkan di American International Toy Fair di New
York pada tanggan 9 Maret 1959. Tanggal tersebut secara resmi dinyatakan sebagai
tanggal ulang tahun Barbie.
Setelah Barbie sukses dirilis di pasar Amerika, pada tahun 1964
Mattel membeli hak cipta Bild Lilli. Pada tahun itu pula, produksi boneka Bild
Lilli dihentikan dan seluruh sahamnya dibeli oleh Mattel.
RIWAYAT HIDUP BARBIE
Barbie dan Ken
Barbie merupakan mainan pertama di dunia yang latar belakang
dibuat secara khusus dan dipublikasikan oleh media. Pada tahun 1960, penerbitan
Random House membuat serangkaian novel yang menceritakan tentang riwayat hidup
boneka ini. Dikisahkan bahwa nama lengkap Barbie adalah Barbra Millicent
Roberts, terlahir dari pasangan suami-istri George dan Margaret Roberts yang
tingggal di kota Willows, Wisconsin.
Barbie and Ken |
Barbie memiliki 6 bersaudara, yaitu :
1.
Skipper Roberts (biasa dipanggil
Skipper, diperkenalkan oleh Mattel pada tahun 1964), merupakan adik perempuan
Barbie.
2.
Sepasang saudara kembar : Todd dan
Tutti (kedua karakter ini diperkenalkan tahun 1960. Nantinya, pada tahun 1990,
Tutti berganti nama menjadi Stacie).
3.
Kelly Robertson (disebut juga Kelly
atau Shelly. Karakter ini diperkenalkan pada tahun 1995), merupakan adik bungsu
Barbie. Kelly biasanya tampil dalam wujudul anak berusia 4 tahun.
4.
Krissy Roberts (diperkenalkan Mattel
pada tahun 1999) juga adalah salah satu adik Barbie yang kurang populer.
Karakter Krissy ditarik dari peredaran pada tahun 2001.
5.
Chelsea (akan diperkenalkan Mattel
pada tahun 2011), adalah adik Barbie yang akan muncul di pertengahan tahun
2011.
FAKTA-FAKTA MENARIK BARBIE
Nama Barbie terinspirasi dari nama anak perempuan Ruth dan
Elliot Handler yaitu Barbara. Sementara nama Ken, kekasih Barbie adalah nama
anak laki-laki mereka yaitu Kenneth.
Jika dikonversi menjadi seukuran manusia, maka postur Barbie
adalah :
Tinggi : 161 cm
Ukuran vital : 29 – 46 – 84 cm
Boneka Barbie pertama yang dirilis pada tahun 1959 mengenakan
pakaian renang berstrip zebra hitam-putih dengan rambut kucir ekor kuda (yang
kelak menjadi ciri khas semua boneka Barbie). Dalam pemunculan perdananya itu,
Barbie muncul dalam 2 versi : Barbie berambut pirang (blonde) dan berambut
coklat (brunette).
The First Barbie
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Mattel sejak tahun 1959
hingga 2010 : Sedikitnya ada 100,000 orang kolektor Barbie fanatik di dunia
ini. Sembilan puluh persen diantaranya adalah wanita, rata-rata berusia 40
tahun yang rata-rata membeli dua puluh boneka Barbie setiap tahunnya. Sekitar
40% dari mereka menghabiskan sedikitnya US$ 1000 / tahun hanya untuk membeli
pernak-pernik boneka Barbie (mulai dari pakaian, asesoris, dan lain-lain).
Barbie adalah mainan ketiga yang dipromosikan lewat televisi.
Mainan pertama yang dipromosi dan diiklankan di media tersebut adalah Mr Potato
Head. Mainan ini pertama kali ditayangkan di televisi pada tanggal 1 Mei 1952
dan dijual seharga US$ 0.98. Sedangkan mainan kedua, adalah Mrs Potato yang
iklannya ditayangkan di televisi pada tahun 1953.
Barbie adalah mainan pertama yang dijual secara internasional ke
150 negara. Mattel mengklaim sedikitnya 3 boneka Barbie terjual setiap detik.
Barbie adalah mainan pertama yang memperkenalkan “Modeling Skala
1/6? (1:6 Scale Modeling), yang kelak menjadi standar ukuran mainan modelling
dan action figure. “Modeling Skala 1/6? disebut juga Playscale Miniaturism.
Barbie pun adalah boneka – serta mainan – pertama yang dijual di
pelelangan Christie, London. Pada tanggal 26 September 2006, Boneka Barbie in
Midnight Red (produksi tahun 1965) terjual dengan harga tertinggi US$ 17,000
(9,000 poundsterling)
Barbie, Ken, dan Toy Story
Barbie and Toy Story 3 |
Boneka Barbie menjadi Ikon Budaya dunia dan merupakan mainan
pertama yang mendapatkan gelar kehormatan tersebut. Sebagai penghargaan, pada
tahun 1974, Pemerintah New York mengubah nama Times Square menjadi Barbie
Boulevard & menggunakan nama tersebut selama 1 minggu.
RENTETAN KONTROVERSI BARBIE
Lingerie Barbie
Lingerie Barbie |
Tahun 1960, Barbie mendapat kecaman dan dikritik karena wujudnya
yang menampilkan “bentuk tubuh impian kaum wanita”, sehingga mendorong para
wanita masa itu untuk membentuk tubuh mereka seperti Barbie. Akibatnya,
penderita Anorexia di masa itu meningkat tajam. Dari sinilah muncul ungkapan
“Barbie Syndrome”, yaitu ungkapan terhadap kondisi para wanita yang ingin memiliki
tubuh “sesempurna” Barbie.
Tahun 1985, Mattel merilis produk Barbie bernama “Heart Family
Midge”,yaitu boneka yang perutnya bisa dibuka. Di dalam perut Barbie itu, kita
dapat melihat fetus (bayi yang siap lahir) dalam bentuk sempurna. Tujuan
perilisan boneka itu adalah untuk menjelaskan proses melahirkan bayi dan
merupakan alat edukasi bagi anak-anak. Walau demikian, produk yang dibuat dalam
bentuk yang cukup “mengerikan” ini, membuat orang tua anak-anak gerah dan
protes pada Mattel. Tidak lama setelah itu, produk ini akhirnya ditarik dari
peredarannya.
Tahun 1992, Mattel merilis koleksi Barbie Remaja bernama Teen
Talk Barbie, di mana masing-masing boneka dapat berbicara beberapa kalimat (dan
masing-masing boneka mengucapkan kalimat yang berbeda-beda). Dari sekian banyak
boneka yang dirilis, Barbie yang mengucapkan “Math Class is tough!” mendapat
kecaman dari American Association of University Women, karena dianggap
mendorong kaum wanita muda untuk memusuhi pelajaran Matematika. Bulan Oktober
1992, Mattel secara resmi menarik semua boneka Barbie yang mengucapkan kalimat
tersebut.
Oreo Fun Barbie
Oreo Fun Barbie |
Tahun 1997, Mattel bekerja sama dengan Nabisco meluncurkan
Barbie dan Oreo Cookies yang mereka namai “Oreo Fun Barbie”. Untuk
penjualannya, Mattel mengeluarkan Barbie dengan versi berkulit putih dan
berkulit hitam. Saat boneka berkulit hitam dirilis, kecaman dan protes muncul
dari komunitas Afro-America. Mereka menganggap boneka itu menghina kaum
Afro-Amerika karena memunculkan makna “hitam di luar, putih di dalam”. Untuk
menghindari isu rasial tersebut, Mattel akhirnya memutuskan untuk menarik Barbie
berkulit hitam dari pasar.
Pada tahun 1997 pula, grop musik Aqua merilis lagu berjudul
Barbie Girl. Lagu ini mendapat kritikan karena memuat lirik “You can Brush My
Hair / Undress me anywhere”. Lirik ini dinilai sangat vulgar dan sangat tidak
pantas menggambarkan boneka Barbie yang merupakan mainan anak-anak.Pada tanggal
11 September 1997, Mattel melaporkan lagu ini dan membawanya ke pengadilan.
Namun pada bulan Juli 2002, pengadilan memenangkan grup Aqua dan MCA Records,
sebagai produser Aqua karena lagu mereka tersebut tergolong lagu parodi, dan
dilindungi oleh Amendemen Pertama Konstitusi Amerika Serikat.
Black Canary Barbie
Awal tahun 2000, para orang tua dikejutkan dengan munculnya koleksi Lingerie. Barbie yang menampilkan sosok Barbie yang mengenakan pakaian dalam yang super seksi. Polemik dan kontroversi merebak saat itu. Menanggapi keluhan orang tua kala itu, Mattel menjelaskan bahwa Lingerie Barbie adalah koleksi Barbie yang ditujukan untuk kalangan dewasa dan memang tidak dijual untuk anak-anak.
Black Canary Barbie |
Dalam rangka memperingati ulang tahun Barbie yang ke-50, pada
tahun 2009, Mattel merilis serangkaian seri Barbie berstiker tato di lengannya.
Tato tersebut dapat dilepas dan ditempelkan di tempat lain. Perilisan seri
Barbie ini memunculkan polemik dan perdebatan yang sengit, terutama di kalangan
orang tua, pemuka agama, hingga pejabat pemerintah Amerika Serikat. Banyak
kalangan menilai Barbie bertato akan memberikan ide bagi para remaja puteri
untuk memiliki tato di tubuhnya. Sejauh ini, tato masih dinilai sebagian
keluarga Amerika sebagai simbol perlawanan dan pemberontakan. Sepuluh tahun
silam, tahun 1999, Mattel pun pernah merilis boneka Barbie dengan tato permanen
bergambar kupu-kupu di perutnya, dan mendapatkan respon serupa. Waktu itu,
Mattel setuju untuk menarik boneka tersebut dari pasar. Namun kali ini, Mattel
menolak menarik Barbie bertato itu, karena boneka Barbie bertato temporer
memiliki nilai edukasi dan mengajarkan anak-anak untuk berkreasi dan kreatif.
Maret 2010, Wal-Mart membuat keputusan yang sangat mengejutkan
saat menurunkan harga jual boneka Ballerina Barbie berkulit hitam dari US$ 5.93
menjadi US$ 2. Sedangkan boneka sejenis namun berkulit putih dijual dengan
harga tetap. Wal-Mart beralasan, bahwa Barbie berkulit hitam sangat sulit
dijual dan mereka tidak mungkin menyimpan boneka itu terlalu lama di gudang.
Walau demikian, strategi marketing Wal-Mart tersebut dinilai sangat berpotensi
menimbulkan isu rasis, sehingga dikecam oleh Harlem Activist. Tidak ada berita
lanjutan, apakah Wal-Mart tetap bersikukuh menjual Barbie itu dengan harga
diskon atau mengembalikan harga jual ke angka semula.
Barbie Back To Basics
Bulan Mei 2010, Mattel merilis koleksi boneka Barbie yang
terdiri dari 12 figur yang disebut sebagai “Barbie Back to Basics”. Kesemua
figur mengenakan pakaian berwarna hitam, dengan dandanan yang terbilang cukup
ekstrim. Pasca perilisan boneka itu, beragam kontroversi dan cercaan muncul,
terutama menyangkut pakaian yang dikenakan semua figur yang menggunakan rok
mini dengan dandanan yang sangat “bitchie”. Selain itu, payudara beberapa figur
Barbie tersebut dibuat dengan bentuk bulat sempurna dan nyaris menyembul keluar
dari pakaian mereka. Karena itulah, koleksi Barbie yang dijual dengan harga US$
19.99 / set ini dikenal pula dengan sebutan “Busty Barbie”.
Barbie Black To Basics |
Sumber: http://www.unikaneh.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar