Welcome to my blog !

Senin, 24 Desember 2012

Sejarah Kertas



Oleh: Bibit Dwi Prastyorini
Tahukah kamu terbuat dari apa kertas yang biasa kita gunakan untuk menulis disekolah? Bagaimana ya caranya kertas itu dihasilkan? Terbuat dari apa sih kertas yang sekarang kita gunakan ini? Dari pada penasaran, ayo kita cari tahu sama-sama..

Sekarang kita lihat sejarah pembuatan kertas. Tsai Lun, menemukan kertas dari bahan bambu yang mudah ditemukan diseluruh Negeri China pada tahun 101 M. Kalian pasti tahu kan bahwa China juga disebut Negeri Bambu. Jauh sebelumnya, bangsa-bangsa dahulu menggunakan batu, kayu, dan kulit binatang sebagai media tulis sebelum kertas ditemukan. Penemuan ini akhirnya menyebar ke Jepang dan Korea seiring menyebarnya bangsa-bangsa China ke timur dan berkembangnya peradaban di kawasan itu meskipun pada awalnya cara pembuatan kertas dan ukurannya merupakan hal yang sangat rahasia. Penemuan kertas ini menyumbang peranan besar dalam sejarah peradaban dunia loh!



Sekarang kita akan tahu bagaimana kertas dibuat. Kertas adalah bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya adalah alami dan mengandung selulsa dan hemiselulosa dari serat pepohonan. Tahun 1799, Nicholas Louis Robert dari Perancis menemukan proses untuk membuat lembaran-lembaran kertas dalam satu wire screen yang bergerak, dengan melalui perbaikan-perbaikan alat ini kini dikenal sebagai mesin Fourdrinier.  Pada tahun 1814, Friedrich Gottlob Keller menemukan proses mekanik pembuatan pulp dari kayu. Tetapi, kertas yang dihasilkan masih kualitas rendah. Selanjutnya dengan penemuan pembuatan kertas melalui proses sulfat, kertas yang dihasilkan semakin baik dan siap untuk diputihkan.
Berikut cara orang dahulu membuat kertas: 


Zaman terus berkembang dan tekhnologi bertambah maju. Hal ini di manfaatkan oleh orang-orang untuk membuat kertas dengan cara modern. Cara pembuatan kertas saat ini yaitu:

  1. Kayu dari hutan dipotong-potong lalu disimpan di tempat penampungan beberapa bulan dengan tujuan menjaga kesinambungan bahan baku.
  2.  Kayu dibuang kulitnya dengan mesin atau dikenal dengan istilah De – Barker  
  3. Kayu dipotong - potong menjadi ukuran kecil (chip) dengan mesin chipping. Chip yang sesuai ukuran diambil dan yang tidak sesuai diproses ulang 
  4. Chip dimasak didalam digester untuk memisahkan serat kayu (bahan yang diunakan untuk membuat kertas) dengan lignin. Proses pemasakan ini ada dua macam yaitu Chemical Pulping Process dan Mechanical pulping Process. Hasil dari digester ini disebut pulp (bubur kertas). Pulp ini yang diolah menjadi kertas pada mesin kertas (paper machine).

Wahh ternyata cukup rumit juga pembuatan kertas ini ya. Teman-teman sekarang tahu kan bagaimana kertas itu dibuat dan apa bahan yang digunakan? Ya, kertas dibuat dari serat kayu yang berasal dari pohon-pohon disekitar kita. Maka dari itu, agar pohon-pohon tidak banyak ditebang kita harus hemat dan bijak dalam penggunaan kertas. Oleh karena itu sekarng banyak kertas daur ulang atau resicle paper. Sekarang kita sama-sama gunakan kertas daur ulang agar kita juga dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan kita.

1 komentar:

  1. Proses Pencampuran : Proses pencampuran ini dimula pada langkah 2. diatas, pada saat pembuatan bubur kertas (di blender) masukkan bahan-bahan, lalu lanjutkan langkah-langkah selanjutnya dengan biasanya. Jasa Penulis Artikel SEO pabrik penerima limbah plastik

    BalasHapus