Welcome to my blog !

Kamis, 13 Desember 2012

Tips Agar Tidur Tidak Mendengkur


Tidur adalah sebuah cara untuk memberikan waktu istirahat kita setelah seharian beraktivitas yang sangat menguras tenaga. Jika badan terasa capek rasanya tidur adalah sebuah surga dunia yang cukup nikmat, tetapi hal tersebut tidak akan berlaku bagi teman atau pasangan anda jika tidur anda mendengkur atau mengorok. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi tidur mendengkur atau ngorok tersebut, mau tau? simak terus ya…

Berikut ini adalah beberapa cara yang harus anda lakukan agar tidur tidak mendengkur dan mengganggu orang lain, silahkan praktekan dan buktikan sendiri. Berikut caranya :
·         Gunakan alat penahan leher sehingga dagu anda akan tetap terangkat sehingga leher anda tidak pegal dan tenggorokan tetap terbuka. Hal ini akan mencegah adanya penyumbatan pada hidung yang biasanya mengakibatkan anda mendengkur.
·         Berhenti merokok karena asap rokok akan membuat jaringan-jaringan baik di tenggorokan maupun hidung anda mengalami iritasi hingga menimbulkan pembengkakan dan menyebabkan penyumbatan aliran udara.
·         Obesitas Karena adanya lemak yang menyumbat saluran pernafasan maka akan mengakibatkan anda mendengkur sepanjang tidur anda.
·         Jangan makan terlalu banyak, proses pencernaan membuat otot-otot di mana pun-termasuk di tenggorokan Anda-menjadi santai dan lemas.
·         Bersihkan lubang hidung, penyumbatan pada lubang hidung juga menyebabkan anda mendengkur sepanjang malam. Jika hidung Anda terasa tersumbat, pertimbangkan upaya membersihkannya dengan obat semprot hidung yang dijual bebas di apotik.
·         Hindari alkohol yang menyebabkan otot-otot dalam jalan napas menjadi terlalu santai. Begitu pula obat-obat penenang atau obat tidur.
·         Jangan tidur telentang, Tidur menyamping mungkin dapat mencegah lidah dan daging yang menggantung dari langit-langit mulut jatuh menutup jalan napas.
·         Naikkan posisi kepala dan pundak, Tidur dengan posisi bagian atas lebih tinggi daripada bagian bawah dapat membantu mencegah dengkur karena dalam posisi demikian lidah tidak akan “runtuh” menutup jalan napas.
·         Memakai penahan lidah, membuat lidah Anda tetap ke depan dan mulut tetap tertutup ketika Anda tidur. Ortodontis juga dapat membuatkan alat dengan efek serupa untuk menahan rahang Anda pada malam hari.

Sumber: http://chivaz.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar